DISEMINASI TRANSISI PAUD SD DI KABUPATEN JEMBRANA

Kegiatan Diseminasi PAUD-SD di Kabupaten Jembrana berawal dari Surat Undangan dari Direktorat Guru Sekolah Dasar, Dirjen GTK, Kemendikbudristek tanggan 23 November 2022. Dalam surat tersebut mengundang 2 orang Guru Penggerak Kabupaten Jembrana, yaitu I Wayan Ardika, S.Pd. (Guru Penggerak SDN 3 Baluk) dan Ni Kade Ratna Yani, S.Pd. AUD (Guru Penggerak TK Wira Sastra) untuk mengikuti Bimtek Transisi PAUD SD Angkatan 2 di Goldvitel Hotel Surabaya pada tanggal 5 s/d 10 Desember 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas peserta tentang transisi PAUD-SD. Setelah mengikuti Bimtek, maka setiap peserta ditugaskan untuk melakukan pengimbasan terkait transisi PAUD-SD di Kabupaten/Kota masing-masing. 

Pada 15 Februari 2023, mereka berkoordinasi dengan Ketua Forum Komunikasi PAUD-SD, I Gusti Ngurah Kade Mudiana,S.Pd.SD, M.Pd. terkait kegiatan Diseminasi yang akan dilakukan. Setelah berdiskusi cukup hangat, akhirnya diputuskan untuk berkoordinasi lebih lanjut dengan Bapak Widyaprada Bidang PAUD PNF, I Putu Dedik Garmita Putra, S. Kom.

Gayung bersambut, Transisi PAUD-SD memang menjadi salah satu program dari Bidang PAUD PNF, sehingga kegiatan diseminasi akan difasilitasi. Kegiatan diseminasi yang awalnya direncanakan pada bulan April 2023, akhirnya dapat terlaksana pada tanggal 16, 17, dan 19 Mei 2023 bertempat di SDN 2 Lelateng.

Masa transisi dari lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) merupakan suatu peristiwa berkelanjutan, dimana seorang anak harus menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan, identitas sosial, jaringan sosial, serta metode belajar mengajar. Masa transisi ini tidak hanya melibatkan anak, tetapi juga keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Dalam mempersiapkan transisi PAUD ke SD, setidaknya diperlukan adanya tiga kesiapan saat anak masuk SD, yaitu anak yang siap, orang tua yang siap, dan sekolah yang siap. Tetapi, saat ini masih banyak anak yang belum siap dipersiapkan dan mendapat dukungan yang memadai untuk mengalami transisi ke SD secara positif. Bahkan, kecenderungan konsep transisi yang terjadi di masyarakat lebih menekankan pada kemampuan dan keterampilan yang dikuasai seorang anak agar mampu memenuhi tuntutan akademis di sekolah.

Guru PAUD dan guru SD mempunyai peran besar dalam mewujudkan pembentukan fase pondasi anak agar siap memasuki jenjang pendidikan berikutnya.

Tujuan Kegiatan Diseminasi Bimtek Transisi PAUD-SD Angkatan 2

Adapun tujuan dari kegiatan Diseminasi Bimtek Transisi PAUD-SD Angkatan 2 adalah untuk meningkatkan kompetensi guru PAUD dan guru SD tentang transisi PAUD-SD yang meliputi:

  • Guru memahami adanya miskonsepsi tentang transisi PAUD-SD dengan memahami konsep transisi yang tepat
  • Guru PAUD memahami dan menerapkan kemampuan anak fase pondasi
  • Guru SD kelas awal memahami dan menerapkan kemampuan anak fase A

Sasaran Diseminasi Bimtek Transisi PAUD-SD Angkatan 2

Sasaran dari  kegiatan Diseminasi Bimtek Transisi PAUD-SD Angkatan 2 adalah perwakilan Guru TK, Guru Kelas Awal SD (Kelas 1), Pengawas TK, dan Pengawas SD se-Kabupaten Jembrana yang berjumlah 50 orang.

Jalannya Diseminasi Bimtek Transisi PAUD-SD Angkatan 2

Kegiatan Hari 1, 16 Mei 2023

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Bapak Widyaprada Bidang PAUD PNF, I Putu Dedik Garmita Putra, S. Kom.  mewakili Bapak Kadis Dikpora Kabupaten Jembrana yang didampingi oleh Bapak Ketua Forum Komunikasi PAUD-SD, I Gusti Ngurah Kade Mudiana,S.Pd.SD, M.Pd. 
Bapak Widyaprada Bidang PAUD PNF, I Putu Dedik Garmita Putra, S. Kom.  mewakili Bapak Kadis Dikpora Kabupaten Jembrana

Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan penyajian materi dari Bapak I Wayan Ardika, S.Pd. tentang Modul 1 Mengapa Penguatan Transisi PAUD-SD Penting? 
Penyajian Materi Modul 1 oleh Bapak I Wayan Ardika, S.Pd.

Kemudian dilanjutkan dengan materi modul 2 Membangun Lingkungan Belajar yang Menguatkan Transisi PAUD-SD oleh Ibu Ni Kade Ratna Yani, S.Pd. AUD.
Penyajian Materi Modul 2 oleh Ibu Ni Kade Ratna Yani, S.Pd. AUD

Pada Penyajian materi Modul 2, peserta lebih banyak diajak oleh bekerja dalam kelompok untuk menganalisis studi kasus tentang praktik pembelajaran PAUD SD yang menguatka transisi PAUD SD.
Peserta bekerja dalam kelompok
Setelah setiap kelompok selesai bekerja, maka perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kerjanya, untuk mendapatkan umpan balik dari kelompok lain.
Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kerjanya

Kegiatan Hari 2, 17 Mei 2023

Kegiatan hari kedua dilanjutkan dengan mempelajari modul 3 dan 4. Modul 3 tentang Literasi Numerasi Transisi PAUD SD dan Modul 4 tentang Membangun Kemampuan Fondasi Secara Holistik dan Bertahap mulai dari PAUD hingga SD Awal.
Peserta berkolaborasi untuk memindahkan gelas dengan benang

Perwaiklan kelompok mempresentasilkan hasil kerja kelompoknya

Kegiatan Hari 3, 19 Mei 2023

Kegiatan hari ketiga dilanjutkan dengan mempelajari modul 5 dan 6. Modul 5 tentang proses pembelajaran yang menguatkan transisi PAUD SD dan modul 6 tentang pelaporan pembelajaran yang menguatkan transisi PAUD SD.
Fasilitator mendampingi peserta bekerja dalam kelompok

Fasilitator mendampingi peserta bekerja dalam kelompok

Foto Bersama Peserta Pengimbasan


Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah belajar di Platform Merdeka Mengajar (PMM) tentang Topik Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan di Awal Tahun Ajaran Baru hingga membuat aksi nyata. Disamping itu, setiap peserta diwajibkan untuk melaksanakan pengimbasan kepada guru PAUD bagi peserta guru PAUD dan Guru Kelas I bagi peserta guru SD untuk belajar bersama di PMM.

Demikian yang dapat Guru Penggerak Jembrana bagikan kali in i, semoga dapat memberikan manfaat dalam menyambut tahun ajaran baru. Salam tansisi.

Post a Comment for "DISEMINASI TRANSISI PAUD SD DI KABUPATEN JEMBRANA"