IN HOUSE TRAINING (IHT) PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM)

Kepala SLB Negeri 1 Jembrana membuka Kegiatan In House Training Pemanfaatan Platform Merdeka Belajar


JEMBRANA, slbn1jembrana.sch.id - Dalam upaya mengembangkan kompetensi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka dengan memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar (PMM), SLB Negeri 1 Jembrana menyelenggarakan In House Training (IHT) Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada tanggal 8 – 10 Juli 2023 bertempat di aula SLB Negeri 1 Jembrana. Sebagai narasumber yaitu Bapak I Wayan Ardika, S. Pd Co Pilot Belajar ID Kabupaten Jembrana. 

Kepala Sekolah SLB Negeri Jembrana Ibu Komang Sri Mariati, S.Pd, M.Pd menjelaskan “Dalam menunjang peran guru dan mengembangkan potensi diri, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia menyediakan Aplikasi untuk memenuhi kebutuhan guru baik pelatihan diri, video inspirasi serta asesment murid tersedia dalam Aplikasi Platform Merdeka Belajar”, ungkapnya.

“Sebagai tindak lanjut hasil Rapor Pendidikan SLB negeri 1 Jembrana Tahun 2022 yang terbit pada tahun 2023 ini yang didalamnya termuat rekomendasi untuk meningkatkan kompetensi guru melalui Platform Merdeka Belajar, maka kami mengadakan In House Traini (IHT) Pemanfaatan Platform Merdeka Belajar (PMM). Harapan besar setelah melaksanakan IHT ini apa yang direkomendasikan Kemdikbudristek melalui Rapor Pendidikan dapat terpenuhui” tambahnya.

Narasumber Bapak I Wayan Ardika selaku Co Pilot Belajar ID Kabupaten Jembrana menjelaskan “Mengapa harus PMM ? Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengembangkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang merupakan platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk pendidik dalam mewujudkan Pelajar Pancasila yang memiliki fitur Belajar, Mengajar, dan Berkarya. PMM menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Memberikan fasilitas Pelatihan Mandiri kepada guru dan tenaga kependidikan untuk dapat memperoleh materi pelatihan berkualitas dengan mengaksesnya secara mandiri, untuk mengembangkan diri dengan akses tidak terbatas yang pada akhirnya adalah mengembangakan kualitas dari komptensinya dalam impelementasi kurikulum merdeka” ungkapnya.

“Besarnya peranan PMM dalam penerapan kurikulum merdeka, maka semua guru dan tenaga kependidikan wajib mengakses PMM sebagai sarana untuk mempelajari berbagai hal tentang kurikulum merdeka dan mengerjakan pelatihan secara mandiri untuk mengembangkan kompetensinya sehingga dapat mengembangkan kualitas pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka” tambahnya.

Kabupaten Jembrana telah memperoleh 2 terbaik Pemanfaatan Platform Merdeka belajar tingkat Provinsi Bali, penghargaan Langsung diserahkan oleh Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Bali. Setelah Kegiatan In House Training (IHT) ini berjalan dengan lancar dan diharapkan bapak ibu guru SLB Negeri 1 Jembrana mampu memanfaatkan platform merdeka mengajar dengan baik

Post a Comment for "IN HOUSE TRAINING (IHT) PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM)"