PROGRAM B5: PENGELOLAAN KINERJA GURU DI PMM



PMM merupakan platform edukasi yang diluncurkan oleh pemerintah yang berisi beragam fitur untuk mengembangkan kompetensi pendidik. Dengan adanya platform ini, diharapkan guru-guru dapat belajar secara mandiri dan berkolaborasi dengan guru-guru hebat lainnya saling bertukar pengalaman. Pemerintah selalu memperbaharui fitur-fitur yang ada di PMM untuk mempercepat transformasi pendidikan. Baru-baru ini Pemerintah meluncurkan fitur baru lagi di PMM yaitu fitur Pengelolaan Kinerja. 

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengintegrasikan Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan e-Kinerja BKN. Kebijakan ini mulai diterapkan pada bulan Januari 2024. Tentu dengan adanya kebijakan ini pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah lebih praktis dan relevan. Dikatakan praktis karena dokumen yang diisi dan disiapkan menjadi lebih sedikit sehingga beban administrasi berkurang. Sementara jika dilihat dari relevannya, praktik kinerja mengacu pada delapan indikator Rapor Pendidikan yang direkomendasikan sehingga pengelolaan kinerja sesuai dengan kebutuhan peningkatan pembelajaran di satuan pendidikan.

Secara umum alur pengelolaan kinerja dimulai dari guru membuat perencanaan dan distujuai perencanaan tersebut oleh atasan di bulan Januari. Kemudian lanjut persiapan observasi dan diskusi tindak lanjut. Terakhir kegiatan refleksi, penilaian dan penentuan predikat kinerja guru yang dilaksanakan di bulan Juni 2024. Jadi pengelolaan kinerja guru dilaksanakan selama 6 bulan sekali dari bulan Januari-Juni. Untuk lebih jelasnya berikut bagan alur pengelolaan kinerja.


Untuk mengenal lebih jauh lagi mengenai pengguna Pengelolaan Kinerja, apa saja yang perlu dilakukan untuk mengakses Pengelolaan Kinerja dan bagaimana tahapan-tahapan Pengelolaan Kinerja tersebut, Guru Penggerak Kabupaten Jembrana merancang kegiatan B5 yang bertema "Pengelolaan Kinerja Guru di PMM". Yukk segera daftarkan diri bapak/ibu pada tautan di bawah ini

Jangan sampai terlewatkan informasi penting ini bapak/ibu. Yukk buruan ikuti dan dapatkan manfaatnya.

Post a Comment for "PROGRAM B5: PENGELOLAAN KINERJA GURU DI PMM"